BAB VII DESAIN SISTEM SECARA UMUM
BAB VII
DESAIN SISTEM SECARA UMUM
Tujuan
dari desain sistem secara umum adalah utk memberikan gambaran secara umum
kepada user tentang sistem yg baru.
Pada
tahap desain secara umum, komponen-komponen sistem informasi dirancang dengan
tujuan utk dikomunikasikan kepada user. Komponen sistem informasi yg didesain
adalah model, output, input, database, teknologi & kontrol.
- Desain Model Secara Umum
Sistem
analis dapat mendesain model dari sistem informasi yg diusulkan dlm btk
Physical System & Logical Model. Btk Physical System dapat digambarkan
dengan system flowchart. Dan Logical Model dapat digambarkan dengan Data Flow
Diagram (DFD).
Data
Flow Diagram
Data
Flow Diagram digunakan utk menggambarkan suatu sistem yg telah ada atau sistem
baru yg akan dikembangkan secara logika.
1. Simbol yg digunakan dlm Data Flow
Diagram
1.External Entity (Kesatuan Luar)
2.Data
Flow (Arus Data)
3.Process (Proses)
4.Data Store (Simpanan Data)
1.External Entity (Kesatuan Luar)
Kesatuan luar merupakan kesatuan
(entity) di lingkungan luar sistem yg dapat berupa orang, organisasi, atau
sistem lainnya yg berada di lingkungan luarnya yg akan memberikan input atau
menerima output dari sistem. Kesatuan luar dapat berupa:
a. Suatu kantor, departemen, atau
divisi dlm perusahaan
b. Orang atau sekelompok orang di
organisasi tsb
c. Suatu organisasi atau orang yg
berada di luar organisasi seperti misalnya langganan, pemasok
d. Penerima akhir dari suatu laporan
yg dihslkan oleh sistem
Simbol: kesatuan luar dpt digbrkan dengan suatu
notasi kotak.
2. Data Flow (Arus Data)
Arus data mengalir diantara
proses, simpanan data dan kesatuan luar. Arus data ini menunjukkan arus dari
data yg dapat berupa masukan utk sistem atau hasil dari proses sistem dan dapat
berbentuk sbb:
a. Formulir atau dokumen yg
digunakan di perusahaan
b. Laporan tercetak yg dihslkan oleh
sistem
c. Masukan utk komputer
d. Data yg dibaca atau direkamkan ke
suatu file
e. Suatu isian yg dicatat pada buku
agenda
Simbol:
Arus data dpt digbrkan dengan suatu panah
3. Process (Proses)
Suatu
proses adalah kegiatan atau kerja yg dilakukan oleh orang, mesin atau komputer
dari hasil suatu arus data yg masuk ke dlm proses utk dihasilkan arus data yg
akan keluar dari proses.
Simbol:
4. Data Store (Simpanan Data)
Simpanan data merupakan simpanan
dari data yg dapat berupa:
a. Suatu file atau database di
sistem komputer
b. Suatu arsip atau catatan manual
c. Suatu tabel acuan manual
d. Suatu agenda atau buku
Simbol:
2. Bentuk Data Flow Diagram
Terdapat
2 bentuk Data Flow Diagram yaitu
Physical Data Flow Diagram (Diag. Arus Dt Fisik) dan Logical Data Flow Diagram
(Diag. Arus Dt Logika). Data Flow Diagram Fisik lebih tepat digunakan utk
menggambarkan sistem yg ada (sistem lama) dan lebih menekankan pada bagaimana
proses dari sistem yg diterapkan. Sedangkan diagram arus dt logika
digunakan utk menggambarkan sistem yg akan diusulkan dan lebih menekankan proses-proses
apa yg terdapat di sistem.
3.
Pedoman Menggambarkan Data Flow Diagram
1. Identifikasikan terlebih dahulu
semua kesatuan luar yg terlibat di sistem.
2. Identifikasikan semua input dan
output yg terlibat dengan kesatuan luar.
3. Gambarkanlah terlebih dahulu
suatu diagram konteks. Dari diagram konteks ini akan digambar dengan lebih
terinci lagi yang disebut dengan level 0. Tiap-tiap proses di level 0 akan
digambar secara lebih terinci lagi disebut dengan level 1. Tiap-tiap proses di
level 1 akan digbr secara lebih terinci lagi disebut dengan level 2 dst sampai
tiap-tiap proses tidak dapat digbr lebih terinci lagi.
4. Gambarlah bagan berjenjang untuk
semua proses yang ada di sistem terlebih dahulu. Bagan berjenjang digunakan
untuk mempersiapkan penggambaran DAD ke level-level lebih bawah lagi.
5. Gambarlah sketsa DAD untuk
diagram level 0 berdasarkan proses di bagan berjenjang.
6. Gambarlah DAD utk level-level berikutnya yaitu level 1 dst utk tiap-tiap proses yg dipecah-pecah sesuai dgn bagan berjenjangnya.
2. DESAIN INPUT SECARA UMUM
Langkah-langkah desain input
secara umum adalah:
- Menentukan kebutuhan input dari sistem informasi
- Menentukan parameter dari desain input tsb.
Contoh: Data Induk Pegawai
Nomor Induk Pegawai:
Nama
Pegawai:
Alamat:
Tempat
Lahir:
Tanggal
Lahir:
Pendidikan:
3. DESAIN OUTPUT SECARA UMUM
Langkah-langkah desain output
secara umum adalah:
1. Menentukan
kebutuhan output dari sistem informasi
2. Menentukan
parameter dari desain output tsb.
Contoh: DAFTAR PEGAWAI
NIP |
NAMA |
ALAMAT |
TEMPAT LAHIR |
TGL. LAHIR |
PENDIDIKAN |
|
|
|
|
|
|
4. DESAIN DATABASE SECARA UMUM
Database
dibentuk dari kumpulan file. Sedangkan file dibentuk dari kumpulan Record. Dan
record dibentuk dari kumpulan field. Sedangkan field merupakan kumpulan dari
item data. Item data dapat berupa huruf, angka atau simbol-simbol khusus.
Langkah-langkah desain database
secara umum:
- Menentukan kebutuhan file pada sistem informasi
- Menentukan parameter dari desain database tsb. : Type File, Media File, Organisasi File & key field dari file tsb
5. DESAIN TEKNOLOGI SECARA
UMUM
Untuk tahap desain teknologi secara umum, langkah pertama perlu dilakukan oleh analis adalah mengidentifikasi jenis dari teknologi yang dibutuhkan, baik yang berkaitan dengan penggunaan hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak) dan brainware yaitu personil yang terlibat dengan sistem informasi. Kemudian langkah kedua adalah menentukan jumlah yang dibutuhkan dalam penggunaan hardware maupun software untuk sistem informasi tsb
Komentar
Posting Komentar